INFO PEMASANGAN

Senin, 16 Juni 2014

Pemurnian Air Pada Rumah Tangga dan Industri

Pemurnian Air Pada Rumah Tangga dan Industri



Pemurnian air adalah pembersihan kontaminan dari air baku untuk menghasilkan air minum yang cukup murni untuk dapat di konsumsi oleh manusia atau untuk keperluan industri.

Beberapa kontaminan dapat membahayakan kehidupan manusia, tetapi hal ini tergantung pada standar kualitas air bersih yang layak dikonsumsi pada masyarakat. Dimana hasil dari pemurnian air tersebut dapat menghilangkan air bau, berasa , dan tingkat kejernihan air tersebut.

Sejumlah kecil disinfektan biasanya sengaja dibiarkan di dalam air pada akhir proses penyaringan untuk mengurangi risiko terkontaminasi kembali dalam sistem distribusi.

Ada beberapa parasit pada air seperti Giardia atau Cryptosporidium seperti bakteri, alga, virus, jamur, mineral ( termasuk logam beracun seperti timbal, tembaga dll ) serta polutan kimia buatan manusia.
 Giardia:


Menyebabkan Giardiasis yang merupakan infeksi pada usus kecil. Gejala paling umum adalah diare, sakit perut, kembung, muntah, dan penurunan berat badan.

 Cryptosporidium:


Cryptosporidium adalah protozoa yang dapat menyebabkan penyakit saluran pencernaan dan usus dengan diare pada manusia.


Untuk mengurangi resiko penyakit pada bakteri perusahaan air minum seperti PALYJA menggunakan kaporit pada pengolahan air bersih sebelum didistribusikan ke konsumen.

Namun apakah air yang mengandung kaporit tersebut aman untuk dikonsumsi ?

Air yang mengandung kaporit apabila kandungan kaporit melebihi standar yang ditetapkan lambat laun akan mengakibatkan penyakit anemia apabila diserap oleh darah. Kaporit bisa mempertinggi resiko penyakit kanker, mengerasnya pembuluh darah serta mengurangi penyerapan vitamin dalam sayuran apabila dicuci dengan air yang mengandung kaporit.

Lalu bagaimana dengan kasus air yang terdapat endapan berwarna coklat, kuning, merah bahkan bercak putih?

Bila terdapat bercak putih hal tersebut diakibatkan karena terdapat kandungan kapur.

Air berwarna coklat kehitaman dan ada endapan kecil di pinggirannya dikarenakan terdapat kandungan Zat Mangan pada air

Dan bila terdapat endapan berwarna kuning kemerahan dikarenakan terdapat kandungan zat besi

Untuk solusi pemurnian air tersebut dapat menggunakan alat filter air
Cara kerja Filter air:

 Penelitian permasalahan pemurnian air yang sudah dilakukan oleh Java Water Filter Indo di beberapa daerah sekitar Jaboetabek:



1. BOTOL PLASTIK PERTAMA DARI SEBELAH KIRI :
Masalah air yang terindikasi adalah kuning organik,dengan kadar besi yang ada sedikit tidak bermasalah tetapi warna kuning yang menurut orang awam akan menilai masalah airnya adalah zat besi, Kuning organik biasanya tedapat didalam kedalaman air diatas 100meter atau didaerah yang lebih dominan perkebunan, air Kuning organik biasanya mempunyai kandungan pH (asam basa) yang rendah atau dibawah standar air bersih (6,5 s/d 8,0).

Daerah yang sering terdapat kuning organik Jakarta Barat ( tanjung duren,Green vill dan jembatan Lima,Telukgong) Jakarta Pusat ( tanah tinggi,kebon kacang, cempaka tengah) Jakarta Utara (Cakung,Cilincing,tajung priok,marunda, kelapa gading) Jakarat Timur( Jatinegara,penggilingan perbatasan bintara bekasi) daerah jakarta sekitarnya BEKASI TIMUR,LIPPO CIKARANG, KARAWANG TIMUR dekat industri

daerah tersebut tidak semuanya terindikasi karna tergantung kedalaman air atau seberapa dalam pengeboran dalam airnya, dikarnakan bentuk geografis tanah bergelombang

Penyelesaian :
Umumnya masalah kuning organik harus menggunakan tekhnik chemical yang dibantu menggunakan dosing pump yang bertujuan untuk menginject cairan chemical, chemical bertujuan agar terjadinya proses koagulasi dan pengendapan, jika pengerjaan untuk kebutuhan industri biasanya sebelum penginjectan dosing pump dibantu tabung reaktor tank dengan tujuan membantu proses pengendapan yang cepat, setelah terjadi pengendapat baru masuk ketahap penyaringan dengan menggunaan media sand filter dan carbon filter, proses itu semua bisa dilakukan secara auto atau manual

2. BOTOL PLASTIK KEDUA DAN KETIGA DARI SEBELAH KIRI :
Masalah air yang terindikasi adalah zat besi,Kandungan logam (iron), biasanya dari warna sudah kelihatan jika masalah jat besi masih dibawah 2mg/liter (2ppm), kendalannya air biasanya baru dikeluarkan dari kran sudah mengeluarkan aroma yang sangat tidak menyenangkan


Penyelasaiannya :
Umunya masalah zat besi cukup dengan menggunakan media carbon aktif dan dibantu oksidasi dengan kaporit tablet
 Media Karbon Aktif Violex Hycab :


3. BOTOL PLASTIK KEEMPAT DARI SEBELAH KIRI :

Masalah yang dihadapi adalah mangan (Mn) dan zat besi (fe) yang tinggi,

Penyelasaian :
Umumnya masalah mangan harus diselesaikan dengan media manganis grenn sand dan kandungan mangan biasanya senyawa dengan dengan jat besi, tetapi untuk kali ini lebih dominan mengandung mangan, maka dari itu lebih baik menggunakan media carbon aktif dan manganis
Media Manganese Greensand:


4. BOTOL PLASTIK KE LIMA DAN ENAM DARI SEBELAH KIRI :

Masalah air yang dihadapi adalah kuning,kemerahan dan biasanya bau yang sangat menyengat, semua itu diakibatkan oleh kandungan zat besi yang tinggi diatas 2ppm, sehingga pertama kali dikeluarkan dalam kran langsung berwarna merah dan jika didiamkan terjadi endapan berminyak dipermukaan atasnya.

Penyelesaian :
Harus menggunakan media carbon aktif dengan ukuran mest 30x60 atau 12x40 yang sangat halus dan kandungan iodin 1000 s/d 1200 yang sangat tinggi, umunya jika membeli media dengan kualitas yang baik jika membeli hanya beberapa karung dan persak sangatlah sulit dan jika ada biasanya harganya mahal. jika mendapatkan masalah air tersebut segera menggunakan filter dan percuma jika melakukan pengeboran air yang baru lagi dan jika sudah menggunakan filter, usahakan terpasang kaporit dan sering diback wash.

Daerah yang sering mendapatkan masalah air dengan kadar zat besi yang tinggi : tangerang sumarecon,Balaraja Barat dan timur karawang
timur,cikarang timur

5. BOTOL PLASTIK UJUNG SEBELAH KANAN :
Masalah yang dihadapi adalah terdapat bercak putih karena kandungan Zat kapur.

Penyelesaian :
untuk masalah kapur cukup menggunakan media Resin Anion Kation.
Resin Anion Kation:


6. Kandungan kaporit dalam air PDAM
Untuk masalah kaporit dapat menggunakan media karbon aktif. Selain untuk menghilangkan Bau, Karbon Aktif juga menyerap kandungan kaporit di dalam air PDAM yang sangat berbahaya untuk kesehatan dan fungsi ginjal apabila dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari dalam jangka waktu yang lama.


Sekian semoga bermanfaat...
http://www.javawater-filterindo.com

0 komentar: